materi ajar pai sma klas xi

AYAT-AYAT TENTANG MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP

Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kompetensi Dasar :

1. Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
2. Menjelaskan arti dari ayat-ayat Al-Qur’an Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
3. Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.

Indikator :

1. Mampu membaca dengan benar dan tepat Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
2. Mampu mengidentifikasi tajwid dengan benar dari ayat-ayat Al-Qur’an S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27
3. Mampu mengertikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56-58, dan Surah Sād: 27.
4. Mampu menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
5. Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27
6. Mampu mempraktekkan, dan menujukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Pengalaman belajar
1. Membaca dengan fasih Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
2. Menerapkan ilmu tajwid dalam Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
3. Menyimpulkan kandungan Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27. tentang perintah menjaga lingkunganb hidup.
.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

Materi pokok:. Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.

a. Surat Ar-Rum ayat 41-42.tentang kerusakan akibat perbuatan manusia.
a. Bacaan surat Ar-Rum ayat 41-42.:

Artinya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” ( QS. Ar Rum ayat 41-42 )

b. Arti kata atau mufrodat
…… …….……..: قُلْ ۱۱ …………..: ظَهَرَ ۱
…………..: سِيْرُوْا ۱۲ …………..: الْفَسَادَ ۲
…………..: فِى الأَرْضِ ۱٣ …………..: الْبَرِّ ٣
…………..: فَانْظُرُوْا ۱٤ …………..: الْبَحْرِ ٤
…………..: كَيْفَ ۱٥ …………..: كَسَبَتْ ٥
…………..: كَانَ عَاقِبَةُ ۱٦ …………..: اَيْدِى النَّاسِ ٦
…………..: الَّذِي ۱٧ …………..: لِيُذيْقَهُمْ ٧
…………..: مِن ْقَبْلُ ۱٨ …………..: عَمِلُوْا ٨
…………..: اَكْثَرُهُمْ ۱٩ …………..: لَعَلَّهُمْ ٩
…………..: مُشْرِكِيْنَ ۲۰ …………..: يَرْجِعُوْنَ ۱۰

c. Tajwid
No Lafadh Hukum bacaan Cara membaca Alasan
۱ الْفَسَادَ …………. ………….. ………….
۲ اَيْدِى النَّاسِ ………….. ………….. …………..
٣ لِيُذيْقَهُمْ ………….. ………….. …………..
٤ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ ………….. ………….. …………..
٥ سِيْرُوْا ………….. ………….. …………..
٦ فِى الأَرْضِ ………….. ………….. …………..
٧ فَانْظُرُوْا ………….. ………….. …………..
٨ مِن ْقَبْلُ ………….. ………….. …………..
٩ اَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِيْنَ ……………. ………….. …………..
۱۰ مُشْرِكِيْنَ ………….. ………….. …………..

d. Isi kandungan QS. Ar Rum ayat 41-42
Setelah membaca surat Ar Rum 30: 41-42, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1) Manusia diciptakan Allah sebagai khalifah dimuka bumi memiliki tugas dan kewajiban mengelola,memelihara dan memanfaatkan alam yang telah Allah ciptakan untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh makhluq1 Allah Umat
2) Ketidak pedulian manusia terhadap sumberdaya alam mengakibatkan kerusakan lingkungan yang meprihatinkan manusia itu sendiri
3) Kerusakan alam didarat maupun dilaut adalah akibat perbuatan manusia sabda Rasulullah SAW. Berikut:
4) Islam mengutuk perusakan lingkungan,karena untuk memnjamin kesejahteraan hidup manusia membutuhkan keserasian dengan ekosistem yang berada disekelilingnya

b. Surat Al-A’raf ayat 56-58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi
a. Bacaan Surat Al-A’raf ayat 56-58:

Artinya : Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. ( QS. Ai A’raf ayat 56-58 )

b. Arti kata-kata atau mufrodat
…………..: الْمَوْتَى ۱٩ …………..: تُفْسِدُوْا ۱
…………..: وَالْبَلَدُ ۲۰ …………..: فِىالأَرْضِ ۲
…………..: الطَّيِّبُ ۲۱ …………..: بَعْدَ ٣
…………..: يَخْرُجُ ۲۲ …………..: اِصْلاَحِهَا ٤
…………..: نَبَاتُهُ ۲٣ …………..: وَادْعُوْهُ ٥
…………..: بِاِذْنِهِ ۲٤ …………..: خَوْفًا ٦
…………..: رَبِّهِ ۲٥ …………..: وَطَمَعًا ٧
…………..: وَالَّذِيْ ۲٦ …………..: رَحْمَةً اللهِ ٨
…………..: خَبُثَ ۲٧ …………..: قَرِيْبٌ ٩
…………..: لاَيَخْرُجُ ۲٨ …………..: مِنَ الْمُحْسِنِيْنَ ۱۰
…………..: اِلاَّ ۲٩ …………..: يُرْسِلُ ۱۱
…………..: نَكِدًا ٣۰ …………..: الرِّيَاحَ ۱۲
…………..: كَذَالِكَ ٣۱ …………..: بُشْرًا ۱٣
…………..: نُصَرِّفُ ٣۲ …………..: سَحَابًاثِقَالاً ۱٤
…………..: الآيَتِ ٣٣ …………..: سُقْنَاهُ ۱٥
…………..: لِقَوْمٍ ٣٤ …………..: لِبَلَدٍمَيِّتٍ ۱٦
…………..: يَشْكُرُوْنَ ٣٥ …………..: الثَّمَرَاتِ ۱٧
…………..: نُخْرِجُ ۱٨

c. Tajwid
No Lafadh Hukum bacaan Cara membaca Alasan
۱ لاَتُفْسِدُوْا ……… ………….. …………..
۲ الرِّيَاحَ ……… ………….. …………..
٣ حَتَّى اِذَا ……… ………….. …………..
٤ سَحَابًاثِقَالاً ……… …………… …………..
٥ الْمَاءَ ……… ………….. …………..
٦ الْمَوْتَى ……… ………….. …………..
٧ نَكِدًا ……… ………….. …………..
٨ يَشْكُرُوْنَ ……… ………….. …………..

d. Isi kandungan QS. Ai A’raf ayat 56-58
Setelah membaca surat al A’raf 7 : 56-58 dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Penyebab kerusakan lingkungan di darat dan di laut adalah perbuatan tangan manusia, padahal mereka yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk mengurus dan memelihara bumi untuk kepentingan manusia secara individu maupun kelompok masyarakat.
2. Kebudayaan manusia makin lama makin maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia industri makin berkembang sehingga seiring dengan perkembangan tersebut muncul pula perkembangan yang negatif yang mengakibatkan bencana pencemaran dan perusakan lingkungan sebagai efek berkembangnya dunia industri.
3. Kerusakan tersebut merupakan peringatan Allah kepada umat manusia agar mereka mau kembali ke jalan yang benar memelihara dan melestarikan lingkungan tidak melakukan pengrusakan di bumi.

c. Surat Shaad ayat 27-28 tentang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi
a. Bacaan Surat Shaad ayat 27-28:

Artinya : Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat ma’siat?. (QS. Shaad ayat 27-28)

b. Arti mufrodat
…………..: لِلَّذِيْنَ ۱۱ …………..: وَمَاخَلَقْنَا ۱
…………..: النَّارِ ۱۲ …………..: السَّمَاءَ ۲
…………..: اَمْ ۱٣ …………..: وَالأَرْضَ ٣
…………..: نَجْعَلُ ۱٤ …………..: وَمَا ٤
…………..: الَّذِيْنَ آمَنُوْا ۱٥ …………..: بَيْنَهُمَا ٥
…………..: وَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ ۱٦ …………..: بَاطِلاً ٦
…………..: كَالْمُفْسِدِيْنَ ۱٧ …………..: ذَالِكَ ٧
…………..: فِىالأَرْضَ ۱٨ …………..: ظَنُّ ٨
…………..: الْمُتَّقِيْنَ ۱٩ …………..: الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ٩
…………..: كَالْفُجَّارِ ۲۰ …………..: فَوَيْلٌ ۱۰

c. Tajwid
Lafadh Hukum bacaan Cara membaca Alasan
خَلَقْنَا ………….. ………….. …………..
السَّمَاءَ ………….. ………….. …………..
بَاطِلاً ………….. ………….. …………..
فَوَيْلٌ لِلَّذِيْنَ ……………. ………….. …………..

d. Kesimpulan / isi kandungan QS. Shaad ayat 27-28
Diskusikan dengan kelompokmu apa isi kandungan QS. Shaad ayat 27-28 tersebut.
– Baca dengan tiliti dan pergunakan buku referensimu yang ada.
Isi kandungan QS. Shaad ayat 27-28
1.……………………………………………………………………………………………
2.……………………………………………………………………………………………
3.……………………………………………………………………………………………

B. Uji Kompetensi
Pilihan Ganda
Pilihan salah satu pilihan jawaban a, b, c, d atau e yang Kamu anggap paling tepat !
1. Berdasarkan QS. Ar Ruum 40, yang menyebabkan terjadinya kerusakan di muka bumi ini adalah …
a. Sudah kehendak Allah Swt.
b. Alam yang sudah semakin tidak bersahabat.
c. Bumi ini sudah semakin panas akibat kemaksiatan.
d. Akibat ulah perbuatan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.
e. Adanya pemanasan global (global warming) akibat tenaga endogen bumi yang keluar ke permukaan bumi.
2. Untuk apa Allah menunjukkan akibat buruk yang berupa kerusakan di muka bumi ini ?
a. Agar manusia mengetahui dan merasakan akibat perbuatannya, sehingga mau segera bertaubat, kembali kepada jalan yang benar.
b. Agar manusia lebih meningkatkan kewaspadaannya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.
c. Agar manusia yang tidak beratanggung jawab binasa.
d. Agar manusia cinta kepada alam, dan kasih sayang terhadap sesama.
e. Agar manusia suci pikiran, perkataan, dan perbuatannya.
3. QS. Ar Ruum ayat 42 menegaskan adanya seruan untuk mempelajari sejarah umat-umat terdahulu. Berbagai bencana yang menimpah mereka disebabkan oleh …
a. Kehendak Allah Swt untuk membinasakan mereka.
b. Kemusrikan mereka.
c. Bujuk rayu setan yang terkutuk.
d. Persekongkolan mereka dalam memusuhi para nabi.
e. Sikap saling bermusuhan di antara sesama manusia karena adanya berbedaan kepentingan.
Perhatian : Nomor 4 s.d 6 berdasarkan QS. Al A’raf ayat 56 !

4. Kandungan QS. Al A’raf ayat 56 berisi ….
a. Pentingnya ikhtiyar dan doa.
b. Larangan berbuat kerusakan di muka bumi, dan etika dalam berdoa.
c. Bumi beserta isinya diperuntukkan Allah kepada manusia.
d. Bukti kekuasaan Allah dalam menciptakan alam semesta ini.
e. Penegasan tentang kerusakan alam semesta ini harus dipertanggung jawabkan oleh manusia.
5. Dalam berdoa kepada Allah sikap kita harus “khaufan wa thama’an” maksudnya
a. Mempunyai rasa kasih dan sayang.
b. Menunjukkan ketidakmampuan kita di hadapan Allah SWT.
c. Suci dari najis dan hadats serta bersih hati dan jiwa.
d. Rendah diri dan tabah.
e. Takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan)
6. Sesungguhnya rahmat Allah itu amat dekat kepada ….
a. Orang-orang yang gigih dalam berusaha.
b. Tekun berusaha, rajin bekerja, gemar berdoa.
c. Orang-orang yang berbuat baik.
d. Orang-orang yang berserah diri.
e. Hamba Allah yang tidak sombang.
Sedangkan nomor 7 s.d 9 berdasarkan QS. Al A’raf ayat 57 !

7. Fungsi angin berdasarkan ayat di atas adalah “Busyran bayna yaday rahmatihi” maksudnya sebagai …
a. Pendorong awan
b. Penghalau ke mana hujan akan turun
c. Pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan)
d. Pertanda hujan tidak turun karena awan akan tersapu bersih dari suatu tempat
e. Tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur
8. Sedangkan air hujan yang turun dari langit menjadi …
a. Sebab lenyapnya tanah gundul karena erosi.
b. Sumber kehidupan dan penghidupan petani.
c. Sebab malapetaka di muka bumi, karena banjir akan segera tiba.
d. Pertanda musim tanam telah tiba.
e. Sebab datangnya rahmat Allah berupa kesuburan tanah sehingga dapat menumbuhkan belbagai macam buah-buahan.
9. Tumbuhnya berbagai tanaman dan buah-buhan pada musim hujan, dapat dijadikan ibroh …
a. Sebab lenyapnya tanah gundul karena erosi.
b. Sumber kehidupan dan penghidupan petani.
c. Sebab malapetaka di muka bumi, karena banjir akan segera tiba.
d. Pertanda musim tanam telah tiba.
e. Sebab datangnya rahmat Allah berupa kesuburan tanah sehingga dapat menumbuhkan berbagai macam buah-buahan.
10. Kata “نَكِدًا “ karena posisinya berhenti, maka hukum tajwidnya adalah …
a. Mad Thabi’i
b. Mad Iwad
c. Mad Wajib Muttashil
d. Mad Aridl lissukun
e. Mad Jaiz Munfashil
11. Kata “يَشْكُرُوْنَ “ karena posisinya berhenti, maka hukum tajwidnya adalah Mad Aridl lissukun, panjang bacaannya …
a. 2 harakat
b. 4 harakat
c. 6 harakat
d. 2/4/6 harakat
e. 4/5/6 harakat
Soal nomor 13 s.d 15 berdasarkan QS. Shaad ayat 27 :

12. Isi kandungan pertama dari ayat di atas adalah …
a. Apa saja yang diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi ini semuanya hanya diperuntukkan bagi manusia.
b. Langit, bumi beserta isinya diciptakan oleh Allah SWT menjadi problematika kehidupan, agar manusia sebagai penghuninya memikirkan nilai tambah
c. Tiada satupun yang diciptakan oleh Allah SWT di langit, bumi beserta isinya yang tanpa hikmah.
d. Tiada satupun di langit, bumi beserta isinya yang tanpa cacat, semua pasti mempunyai kekurangan.
e. Jawaban a, b, c, dan d semuanya benar.
13. Bagaimana sikap orang kafir terhadap apa yang diciptakan oleh Allah SWT di langit, bumi beserta isinya ? Mereka menganggap ….
a. Alam semesta ini ada dengan sendirinya sebagai hukum alam.
b. Semua untuk manusia dan harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kesejahteraan bersama.
c. Tidak semua apa yang diciptakan oleh Allah SWT bermanfaat, ada yang sia-sia, dan ada yang manfaat contoh untuk apa diciptakan nyamuk ?.
d. Tiada gunanya mencari siapa yang menciptakan alam ini.
e. Jawaban b dan c benar.
14. Apa balasan yang pantas bagi orang-orang kafir ?
a. Hidup di dunia enak, di akhirat celaka.
b. Hidup di dunia celakan dan di akhirat bahagia.
c. Hidup di dunia dan di akhirat sama bahagianya
d. Hidup di dunia dan di akhirat sama celakanya.
e. Di akhirat mereka celaka dimasukkan ke neraka.

Kajian Fenomenal (kauniyah) :
Diskusikan mengapa di Indonesia akhir-akhirnya banyak dirundung musibah besar seperti Tsunami, gempah bumi, banjir, tanah lonsor, kecelakaan udara, kereta, laut dan lain-lain.
Apa sebab dan akibatnya (kausalitas), apa hikmahnya, dan apa yang mestinya kita lakukan bersama ?
Usai diskusi putar VCD Tsunami Aceh, Gempa bumi Yogyakarta. Bencana Lumpur Lapindo.
Oleh:Drs.Rebo.M.Ag

About these ads

Posted on 17 Maret 2010, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: